Pages

Sabtu, 20 November 2010

TELKOMSEL Flash "JEBOLLLLLL"


Mau sedikit berbagi tentang pengalaman saya menggunakan modemn gsm dalam menyusuri dunia maya ini. Mungkin banyak orang mengatakan bahwa menggunakan modem gsm itu terasa menjengkelkan, karena kadang waktu jaringan bagus terasa cepat dan kalau udah jamnya sibuk, ya mau buka facebook saja susah apalagi kalau menggunakan layanan gsm yang hanya menyediakan jaringan 2G, belum mencapai 3G atau jaringan Internet dengan kecepatan tinggi 3,5G yang sering disebut dengan HSDPA. Ditempat saya berada sekarang, hanya telkomsel yang memberikan jaringan internet dengan kecepatan tinggi HSDPA. Oleh karena itu saya mencoba menggunakan modem flash HSDPA, dengan biaya perbulan 100 ribu saya rasa bukan tarif yang terlalu mahal bila dibarengi dengan kecepatannya. Berhubung terbatasnya dana jadi saya hanya membeli paket 50 ribu/14 hari, yah saya rasa itu sudah cukup.
Dengan diberikannya quota 100Mb, setelah itu kecepatan akan diturunkan maks 64Kbps dari kecepatan asal 384Kbps. Tapi sejauh pemakaian selama ini, saya beranggapan telkomsel tidak memberikan penurunan kecepatan karena setelah pemakaian saya melebihi 100Mb (maklum download terus,heeeeeee)kecepatan download tidak berubah dari maks 384Kbps sampai pemakaian saya saat ini. Tapi ada satu kejadian yang membuat saya heran, pada malam itu saya seperti biasa ingin mendownload sebuah game (NFS underground 2)di thehack3r.com. Karena sepanjang malam jaringan hanya EDGE dengan kecepatan download yang tidak stabil saya memutuskan untuk tidur saja, berharap besok paginya sudah selesai  karena biasanya kalau sudah tengah malam kecepatan menjadi stabil. Paginya waktu saya bangun sekitar jam 4, eh ternyata belum selesai juga, yang paling saya ga suka kecepatannya masih seperti malamnya dengan kecepatan yang tidak stabil. Hal ini membuat saya bingung, saya memutuskan untuk menghentikan sementara downloadnya (pause), setelah itu saya mencoba melanjutkannya lagi dan............... saya menjadi tambah bingung karena kecepatan download yang diberikan naik pesat mencapai kecepatan 2Mbps, dengan kecepatan itu kita bisa mendownload dengan kecepatan sekitar 250-280Kbps. Game yang asalnya masih bersisa sekitar 150Mb dapat diselesaikannya hanya dalam waktu sekitar 5 sampai 10 menit. 

Dapat dilihat pada gambar
Ini waktu saya mendownload NFS Underground 2 di Enterupload, dengan kecepatan rata-rata 260Kbps untuk menyelesaikan 150Mb sekitar 8 menit. 

kecepatan stabil karena masih sekitar jam 4

masih stabil pada 2Mbps ternyata

mulai ga stabil ni, naik turun udah grafiknya

lewat jam 5, ga stabil benar udah kadang turun ke EDGE

Hal ini berlangsung sampai siangnya karena saya memutuskan tidak mendisconnectnya, tapi sekitar jam 10 keatas kecepatan tidak dapat mencapai 2Mbps lagi. Mungkin hal ini dikarenakan padatnya pemakaian, kecepatan rata-rata pada 600kbps sampai 1Mbps. Mungkin ini hanya bonus sesaat yang diberikan oleh pihak telkomsel karena setelah disconnect rupanya ga bisa lagi melebihi 384kbps, yang saya bersyukur bisa menikmati high speed walaupun hanya sebentar (mayan download terus waktu itu ^_^). 
Kapan ya dapat lagi kecepatan gitu, huhhhhhh?????????????

0 komentar:

Posting Komentar