Pages

Sabtu, 11 Desember 2010

Sulap Matematika

Oke ini ane mau bagi-bagi ilmu.Sulap Matematika yang pernah ditampilkan oleh Joe Sandy dalam acara The Master merupakan salah satu hal yang sangat wahh (bagi yg lum tw triknya). Intinya, Joe membuat kotak 4x4, yang jika dijumlahkan :
-Secara Vertikal
-Secara horizontal
-Secara diagonal
-4 angka di masing-masing pojok
-4 kolom samping kiri atas, kanan atas, kiri bawah dan kanan bawah
-4 angka di tengah
Akan menghasilkan angka yang sama.

Dan berikut contohnya, dengan angka 49 sebagai patokan (apabila dijumlahkan dengan metode di atas, semua menghasilkan 49)
























Berikut rumusnya :

Mungkin dalam  rumus diatas tidak seperti permainan yang dilakukan oleh Joe Sandy, tapi setelah saya lihat ulang video waktu Joe memainkan sulap ini dia hanya membalikkan letak rumus.
Jadi agan bisa memilih yang mana akan duluan digunakan, misalnya agan pada baris kedua menggunakan rumus baris ketiga, pada baris ketiga menggunakan rumus baris keempat, dan baris keempat menggunakan rumus baris kedua. intinya penarikan rumus didasarkan dari angka pada baris pertama

Penjelasan:
Untuk Nilai A B C D silahkan agan tentuin sendiri, sesuaikan dengan angka total penjumlahan yang agan inginkan.
Liat Contoh Joe Sandy di atas, Angka Patokan 49, A=15 B=19 C=20 D=5, Sedangkan untuk kolom berikutnya agan tinggal mengikuti rumus2nya.jangan sampai salah!Satu lagi kalau mau mempraktekkan agan mesti Hapal Rumus2nya.

Ni yg agak2 susahnya gan, Trik ni da Persyaratannya Yakni :
- Angka total penjumlahan boleh anda pilih sendiri
- Tidak boleh ada dua angka yang sama muncul dalam tabel
- Dalam melakukannya, anda tidak boleh menggunakan dua angka total penjumlahan yang sama sama berturut-turut.
- Pembulatan dalam penghitungan waktu cukup satu angka di belakang koma, tidak termasuk waktu saat membuat tabel 4x4.

jadi ane bagikan sedikit tips agar tidak terjadi pengulangan angka yang sama
- Jika anda masih dalam tahap belajar untuk pemilihan angka bisa dimulai dari angka kecil dan ambillah angka dengan selisih minimal 4, hal ini agar tidak terjadi pengulangan angka yang sama.
contohnya untuk jumlah angka 63, untuk angka pertama kita bisa mengambil angka 8, kedua 13, ketiga 18 dan keempat 24
- jangan mengambil angka dibawah 4 karena nanti akan mendapatkan angka negatif atau nol dalam pengisian tabel.

Mungkin kalau ada yang kurang jelas atau tidak dimengerti agan bisa langsung tanya ada ma ane, pasti dibalas ko... 
Moga posting ane ini bermanfaat dan dapat menambah ilmu pengetahuan teman2 semua,. sebenarnya perhitungan rumus untuk permainan 4 x 4 ini telah ditemukan sejak lama, kalau tidak salah waktu perkembangan berhitung di Eropa, ntr deh ane posting lagi tambahannya... Pe sini dulu ya....
---------------------------------------Never stop dreaming------------------------------------

0 komentar:

Posting Komentar