Pages

Sabtu, 01 Desember 2012

Logika Matematika

Artikel ini akan coba menjelaskan gambaran secara umum mengenai ilmu matematika yang sudah kita pelajari dari zaman pendidikan sekolah dasar hingga rata-rata juga dipelajari di bangku perkuliahan. Melihat hal itu, tentunya kita sudah dapat menyimpulkan betapa pentingnya ilmu matematika. Mulai dari hal remeh dalam kehidupan kita sehari-hari bahkan sampai hal penting yang menyangkut mata pencaharian hidup.
Matematika merupakan salah satu pengetahuan yang diajarkan pada manusia, termasuk dalam pengetahuan yang palng bermanfaat dalam kehidupan. Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, hampir setiap bagian dari hidup kita ini mengandung matematika. Sehingga sangat tepat jika ilmu ini diajarkan sejak kanank-kanak. Mereka harus bisa menghargai kenyataan bahwa matematika adalah penting dalam kehidupan mereka ke depanya.

Tapi dari hal itu, seharusnya juga ada model pembelajaran matematika yang diterapkan secara baik.Harus bisa membentuk logika berfikir yang bukan sekedar pandai berhitung. Apalagi di zaman sekarang ini sudah banyak alat bantu yang dapat digunakan untuk membantu kita dalam berhitung, sedangkan untuk memahami logika dalam suatu permasalahan, memerlukan kemampuan menganalisis secara logis.

Dari hal itu, tujuan diajarkan matematika pada dasarnya adalah sebagai logika berfikir berdasarkan akal dan nalar. Memang awalnya kita mempelajari matematika secara umum yang masih terdiri dari simbol-simbol dan angka, namun justru itu adalah cara yang paling baik untuk mengajarkan matematika pada anak-anak, dengan membiarkan mereka melihat, merasakan dan melakukan dengan tangan mereka sendiri. Atau secara konsep, biarkanlah mereka melihat atau bermain-main dengan gambar dan angka yang mereka ucapkan ataupun tulis. Model pembelajaran matematika yang baik juga harus dimulai dengan mengangkat situasi dan kehidupan sehari-hari, kemudian disederhanakan dalam bentuk cerita.

Semua hal yang dijelaskan dalam artikel ini tidak lain agar matematika dipahami untuk dapat menyelesaikan permasalahan dan menyelesaikan tujuan, yang secara khusus harus memakai perhitungan, seperti kita dapat menghitung angka-angka secara tepat, benar dan cepat.

1 komentar: