Pages

Senin, 07 Februari 2011

Install Windows 7 Menggunakan Flashdisk (Toturial I)

Pasti banyak yang masih bingung gimana cara instal windows 7 kalau DVD drive laptop sedang rusak atau pada netbook yang ga ada DVD drivenya, kalau lagi membeli DVD eksternal pasti perlu biaya lagi. Nah supaya ga bingung lebih baik kita gunakan barang yang ada saja. Flashdisk merupakan media penyimpanan yang sangat banyak manfaatnya, selain digunakan sebagai tempat penyimpanan data, transfer data, flashdisk juga bisa dijadikan sebagai bootable. Bagaimana supaya flashdisk kita bisa digunakan sebagai bootable untuk instal windows 7?disini saya akan coba share caranya. Sebenarnya banyak cara buat bikin bootable windows 7 pada flashdisk, tapi disini saya akan coba memberikan cara yang paling mudah dulu (tanpa menggunakan aplikasi).

Langkah-langkahnya :

  1. Sediakan flashdisk minimal 4 GB, (lebih boleh)
  2. Colokkan USB Flaskdisk anda. (masukin ke usb port yah, jgn ke lubang hidung,hahahahaha).
  3. Tekan Tombol WIN+R, ketik cmd dan klik OK.
  4. Ketik diskpart dan tekan ENTER.
  5. Ketik list disk, tekan ENTER dan pilihlah yang mana adalah USB flashdisk anda, hati2 jangan salah pilih nanti salah2 yg keformat adalah disk yang lain. jikalau anda punya hanya 1 harddisk makan USB flaskdisknya adalah lainya, bisa ada pada disk 1 atau disk lainnya. Untuk menghindari kesalahan tolong colokkan flashdisk yang ingin dibuat bootable saja. Biar lebih pasti liat kapasitas disampingnya (jika menggunakan flashdisk 4 GB, maka akan terlihat kapasitasnya disamping list disknya)
  6. Ketik select disk 1 dan tekan ENTER (Jika flashdisk anda berada pada list 1, kalau berada pada list 2, silahkan ketik select disk 2, tergantung urutan letak flashdisk anda).
  7. Ketik clean dan tekan ENTER.
  8. Ketik create partition primary lalu tekan ENTER.
  9. Ketik select partition 1 dan tekan ENTER
  10. Ketik active dan tekan ENTER.
  11. Ketik format fs=fat32 dan tekan ENTER (Tunggu sampai proses format selesai)
  12. Ketik assign dan tekan ENTER
  13. Ketik exit dan tekan ENTER.
  14. Masukkan disk DVD windows 7  dan copy lah semua isi DVD tadi ke USB Flaskdisk anda.
  15. Booting komputer anda melalu USB Flashdisk, setting malalui bios komputer anda, pastikan boot nya melalui USB Flashdisk, apabila langkah2nya betul, maka proses instalasi windows seharusnya berjalan melalui USB Flashdisk.
Dilain waktu saya akan coba share cara lainnya, itulah kenapa saya memberi judul dengan Instal Windows 7 Menggunakan Flashdisk (Toturial I). Ini akan berlanjut ke Toturial II, jadi tunggu saja ya.......... 
--------- SEMOGA BERMANFAAT---------

3 komentar: